Senin, 01 April 2013

makalah teknik multimedia



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Panduan untuk mengetahui multimedia harus dimulai dengan definisi atau pengertian multimedia. Dalam industri elektronika, multimedia adalah kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996) atau multimedia secara umum merupakan kombinasi tiga elemen yaitu, suara, gambar dan teks (Mc Cormick, 1996) atau multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output dari data, media ini dapat berupa audio (suara,musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban dan Kawan-kawan), 2002) atau multimedia merupakan alat yang menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan gambar video (Robin dan Linda, 2001).

Definisi lain dari multimedia yaitu dengan menempatkannya dalam konteks, seperti yang dilakukan oleh Hoftsteter (2001), multimedia adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video dan animasi dengan menggabungkan link dan tool yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi.
Dalam definisi ini terkandung empat komponen penting multimedia.
  1. Pertama, harus ada komputer yang mengkoordinasi apa yang dilihat dan didengar yang berinteraksi dengan kita.
  2. Kedua, harus ada link yang menghubungkan kita dengan informasi.
  3. Ketiga, harus ada alat navigasi yang memandu kita, menjelajah jaringan informasi yang saling terhubung.
  4. Keempat, multimedia menyediakan tempat kepada kita untuk mengumpulkan, memproses dan mengkomunikasikan informasi dan ide kita sendiri.
B.     Daftar pertanyaan
    1. Apa itu Multimedia  dan hubungannya dengan Teknologi ?
    2. Jelaskan Tentang Vektor dan Bitmap beserta contoh masing-masing.!
    3. Jenis-jenis tipe file gambar dan ukuran-ukurannya.
    4. Apa itu coreldraw dan adobe photoshop ?
    5. Contoh  C.Draw & A.Photoshop dan “kira-kira” cara pembuatannya.






BAB II
ISI
a.       Apa itu Multimedia  dan hubungannya dengan Teknologi ?
Istilah multimedia berasal dari teater bukan komputer. Pertunjukan yang memanfaatkan lebih dari satu medium atau media seringkali disebut pertunjukan multimedia. Multimedia mencakup monitor video, dan karya seni manusia sebagai bahan dari pertunjukan. Citra Visual dapat dimasukan kedalam sistem dari paket perangkat lunak yang menyatukan digital, dan dari kamera video, pita dan piringan video, dan scanner optik. Input audio dapat dimasukkan melalui mikropon, pita kaset, dan compact disc.

Output visual dapat ditampilkan di layar komputer dan di monitor televisi yang tersambung. Output audio dapat di sediakan oleh alat output suara, speaker stereo, dan headset. Multimedia memungkinkan pemakai komputer untuk memdapatkan output dalam bentuk jauh lebih kaya dari pada media tabel dan grafik konvensional. Pemakai dapat melihat gambar tiga dimensi, foto, video bergerak, atau animasi dan mendengar suara stereo, perekam suara atau musik. (Multimedia Alat untuk Meningkatkan keunggulan bersaing , M.Suyanto)

Multimedia adalah kombinasi antara komputer dan video. Secara umum multimedia kombinasi tiga elemen, yaitu gambar, text dan suara atau multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output dari data, media ini dapat audio ( suara, musik ), animasi, video, teks, grafik, dan gambar. Multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan presentasi dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan gambar video ( Robin dan Linda, 2001 ).

Multimedia memaksimalkan pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) dengan menggabungkan link dan tool yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi, berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi (Hostetter, 2001).

Multimedia Broadcast berhubungan dengan media televisi yang terdiri dari perpaduan antara multimedia aplikasi komputer dengan alat-alat yang bernuansa broadcasting. Di Indonesia banyak hadir televisi swasta yang telah memunculkan program-program acara yang cukup menarik untuk dinikmati. Dari mulai acara News, Sinetron, Film laga, Komedi, Hingga berbagai macam tayangan kuis yang kesemuanya itu menggunakan alat broadcast televisi yang bagus untuk standart televisi.

Multimedia Brosdcasting memadukan antara unsur pengambilan sebuah gambar dan permainan sebuah effect kamera yang terdapat pada setting menu serta jenis kamera dan sebuah effect software komputer yang dimainkan oleh seorang animator. Dari perpaduan kedua unsur tersebut dapat menghasilkan output tampilan yang sangat mengagumkan dan mempunyai nilai jual sangat tinggi di dunia broadcasting.

Tidak mustahil jika semakin banyak channel televisi yang muncul di layar kaca maka semakin banyak pula Production House yang menawarkan jasa untuk memproduksi sebuah program acara
yang kemudian akan di jual ke pihak televisi.

Ilmu informatika mencakup programming, networking, multimedia. Di dunia broadcasting informatika sangat memberikan peran yang sangat besar. Dalam membuat sebuah program acara pasti menggunakan software dan hardware yang berkaitan dengan multimedia sebagai perangkat pokok dalam menghasilkan karya.
Karena dalam broadcasting berhubungan dengan teknologi informasi, maka untuk kedepan nanti dunia broadcasting lebih dimudahkan dengan penggunaan software multimedia yang lebih canggih dan familiar dalam penggunaannya. Benang merah inilah yang menghubungkan antara Multimedia, Broadcasting dengan Teknologi Informasi.
b.      Jelaskan Tentang Vektor dan Bitmap beserta contoh masing-masing.!
Perbedaan Grafis Vektor dan Bitmap
Grafis adalah gambar yang tersusun dari koordinat-koordinat. Dengan demikian sumber gambar yang muncul pada layar monitor komputer terdiri atas titik-titik yang mempunyai nilai koordinat. Layar Monitor berfungsi sebagai sumbu koordinat x dan y. Grafis sendiri terbagi menjadi dua yaitu Grafis berbasis vektor dan Grafis berbasis Bitmap. Berikut adalah perbedaan antara Grafis berbasis vektor dan bitmap
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEju0Lhfk_5MIoBT22HuFqzaCLSEKwXPEo5puKwqliAKyPsCcODhD6YU9hmRNGYe81PrQILl13wT7ev6jnccwZeJ7ppy7KjCiaru1AIeR0j4_9p5pUrI88TGbZEuD4EMdkVjryfNUwFkqBE/s400/tabel.png

Setelah kita mengetahui perbedaan antara Vektor dan Bitmap secara garis besarnya, maka saya akan membahas pengertian vektor dan bitmap, yang pertama akan saya bahas adalah pengertian tentang bitmap.
1.      Vector
Vektor adalah grafis yang terdiri dari penggabungan koordinat-koordinat titik menjadi garis atau kurva untuk kemudian dijadikan sebuah objek. Tampilan pada vektor tidak akan pecah walaupun di zoom berkali-kali, gambar vektor umumnya memiliki ukuran yang lebih kecil jika dibandingkan dengan gambar bitmap.
Ekstensi file yang digunakan untuk gambar berbasis vektor, antara lain: .SVG, .EPS, dan .CDR. Program aplikasi yang berbasis vektor antara lain: Corel Draw, Macromedia Free Hand, Adobe Illustrator dan Micrografx Designer.




2.      Bitmap
Bitmap adalah grafis yang dibentuk dengan raster/pixel/dot/titik/point/ koordinat. Semakin banyak titik yang membentuk suatu grafis bitmap berarti semakin tinggi tingkat kerapatannya. Hal ini menyebabkan semakin halus citra grafis, namun kapasitas filenya akan semakin besar. Ketajaman warna dan detail gambar pada bitmap bergantung pada banyaknya pixel warna atau resolusi yang membentuk gambar tersebut. Hal ini berkaitan erat dengan kemampuan monitor dan VGA (Video Graphic Adapter) yang digunakan. Contohnya jika gambar bitmap ditampilkan pada layar dengan resolusi yang rendah akan mengakibatkan gambar telihat kasar (pecah) bahkan juga bisa terlihat kabur berbentuk kotak-kotak (juggy) jika dilakukan pembesaran pada gambar tersebut. Satuan yang digunakan dalam bitmap adalah dpi (Dot per inch) yang berarti banyaknya  titik dalam satu inchi
Beberapa grafis bitmap yang sering ditemu dalam komputer biasanya beresktensi: .bmp, .jpg, .tif, .gif, dan .pcx. Grafis bitmap biasanya digunakan untuk kepentingan foto-foto digital. Program aplikasi yang berbasis bitmap antara lain adalah: Adobe Photoshop, Corel Photopaint, Microsfot Photo Editor dan Macromedia Fireworks.

3.      Contoh
Description: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRC8aoRELlY-OWWlmYGDWjKARSFeYIiFf-CKUrIJQesvB0hq85F  Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg7e1VP2jhPxw_eWk6bhcm_Uvzyq0Vjh5p3ETlxWpeAMFSo4rCKaAs8WOcAzJq9umh1x8uTo4fY6a8b9rm51Z73_JkN6rxzjH93Lhk7JEOhlYqh96bxqdPjWvw_jtFhqxsGMxfSB8dj2OBx/s1600/Untitled-1.jpg















c.       Jenis-jenis tipe file gambar dan ukuran-ukurannya.

Jika kita menyimpan gambar dengan program pengolah gambar seperti Adobe Photoshop atau Microsoft Paint, maka kita dapat memlilih format gambar yang sesuai melalui menu File -> Save As dan pilih tipe file yang kita inginkan. Khusus untuk Adobe Photoshop ada feature tambahan yang lebih baik lagi dengan menu File -> Save For Web. Dengan Adobe Photoshop ini, selain dapat memilih tipe gambar, kita juga dapat mengatur kompresi dan kualitas gambar. Berikut ini tipe-tipe gambar yang sering digunakan.

BMP (Bitmap)

Tipe file BMP umum digunakan pada sistem operasi Windows dan OS/2. Kelebihan tipe file BMP adalah dapat dibuka oleh hampir semua program pengolah gambar. Baik file BMP yang terkompresi maupun tidak terkompresi, file BMP memiliki ukuran yang jauh lebih besar daripada tipe-tipe yang lain.

File BMP cocok digunakan untuk:

  • desktop background di windows.
  • sebagai gambar sementara yang mau diedit ulang tanpa menurunkan kualitasnya.

File BMP tidak cocok digunakan untuk:

  • web atau blog, perlu dikonversi menjadi JPG, GIF, atau PNG.
  • disimpan di harddisk/flashdisk tanpa di ZIP/RAR, kecuali space tidak masalah bagi Anda.

JPG/JPEG (Joint Photographic Experts Group)

Tipe file JPG sangat sering digunakan untuk web atau blog. File JPG menggunakan teknik kompresi yang menyebabkan kualitas gambar turun (lossy compression). Setiap kali menyimpan ke tipe JPG dari tipe lain, ukuran gambar biasanya mengecil, tetapi kualitasnya turun dan tidak dapat dikembalikan lagi. Ukuran file BMP dapat turun menjadi sepersepuluhnya setelah dikonversi menjadi JPG. Meskipun dengan penurunan kualitas gambar, pada gambar-gambar tertentu (misalnya pemandangan), penurunan kualitas gambar hampir tidak terlihat mata.

File JPG cocok digunakan untuk:

  • gambar yang memiliki banyak warna, misalnya foto wajah dan pemandangan.
  • gambar yang memiliki gradien, misalnya perubahan warna yang perlahan-lahan dari merah ke biru.

File JPG tidak cocok digunakan untuk:

  • gambar yang hanya memiliki warna sedikit seperti kartun atau komik.
  • gambar yang memerlukan ketegasan garis seperti logo.
Description: https://encrypted-tbn1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQ4V2G05X32m83QAaOISPiTZ-gwsBpgQBfWgtOVJrb0aio-RFUO
Gambar . Contoh gambar kaya warna dengan JPG kualitas tinggi (32kb)
Description: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcREDKHgDIzzUtWkEN3-yrvCgSXBDSmucTRzoyUvjxbsE-yG3a8rzg
Gambar . Contoh gambar kaya warna dengan JPG kualitas rendah (14kb)

GIF (Graphics Interchange Format)

Tipe file GIF memungkinkan penambahan warna transparan dan dapat digunakan untuk membuat animasi sederhana, tetapi saat ini standar GIF hanya maksimal 256 warna saja. File ini menggunakan kompresi yang tidak menghilangkan data (lossles compression) tetapi penurunan jumlah warna menjadi 256 sering membuat gambar yang kaya warna seperti pemandangan menjadi tidak realistis. Pada program MS Paint, tidak ada fasilitas penyesuaian warna yang digunakan (color table) sehingga menyimpan file GIF di MS Paint seringkali menghasilkan gambar yang terlihat rusak atau berubah warna. Pada program pengolah gambar yang lebih baik, seperti Adobe Photoshop, color table bisa diatur otomatis atau manual sehingga gambar tidak berubah warna atau rusak.

File GIF cocok digunakan untuk:

  • gambar dengan jumlah warna sedikit (dibawah 256).
  • gambar yang memerlukan perbedaan warna yang tegas seperti logo tanpa gradien.
  • gambar animasi sederhana seperti banner-banner iklan, header, dan sebagainya.
  • print shoot (hasil dari print screen) dari program-program simple dengan jumlah warna sedikit.

File GIF tidak cocok digunakan untuk:

  • gambar yang memiliki banyak warna seperti pemandangan.
  • gambar yang didalamnya terdapat warna gradien atau semburat.

Description: https://encrypted-tbn1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSiRFUVPrCFZSRlbH2xuUYr9BJbv8nZYWPKwSgt6jLVZKRIgF4a Description: https://encrypted-tbn1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTAKwW9_5E7HituHO9fvh3BVUlks_6TWZTGcaOkkJMxeVfIK0WM
Gambar. Gambar GIF animasi(sebenarnya gambar d.atas itu bergerak)

PNG (Portable Network Graphics)

Tipe file PNG merupakan solusi kompresi yang powerfull dengan warna yang lebih banyak (24 bit RGB + alpha). Berbeda dengan JPG yang menggunakan teknik kompresi yang menghilangkan data, file PNG menggunakan kompresi yang tidak menghilangkan data (lossles compression). Kelebihan file PNG adalah adanya warna transparan dan alpha. Warna alpha memungkinkan sebuah gambar transparan, tetapi gambar tersebut masih dapat dilihat mata seperti samar-samar atau bening. File PNG dapat diatur jumlah warnanya 64 bit (true color + alpha) sampai indexed color 1 bit. Dengan jumlah warna yang sama, kompresi file PNG lebih baik daripada GIF, tetapi memiliki ukuran file yang lebih besar daripada JPG. Kekurangan tipe PNG adalah belum populer sehingga sebagian browser tidak mendukungnya.

File PNG cocok digunakan untuk:

  • gambar yang memiliki warna banyak.
  • gambar yang mau diedit ulang tanpa menurunkan kualitas.

File PNG tidak cocok digunakan untuk:

  • gambar yang jika dikompress dengan JPG hampir-hampir tidak terlihat penurunan kualitasnya.
 Description: https://encrypted-tbn1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTzYBLswEbzO5kP5XHCiGOO7MeG9uiDNileT7Wzia-5VHyhLqVEPg Description: https://encrypted-tbn1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSEaoob87fa5guvMiF_PAarVyTuoR8Na1igpBsbBlxrq2djpxbq Description: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTRfjvJfdbqOrGDkBetpdNGPv3AUBPRgaf76AYR02VgAKB3Ycha-A
Gambar . PNG yang biasa orang gunakan pada Icon

d.      Apa itu coreldraw dan adobe photoshop ?
ABOUT ADOBE PHOTOSHOP
Adobe Photoshop, atau biasa disebut Photoshop, adalah perangkat lunak editor citra buatan Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak ini banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader) untuk perangkat lunak pengolah gambar/foto, dan, bersama Adobe Acrobat, dianggap sebagai produk terbaik yang pernah diproduksi oleh Adobe Systems. Versi kedelapan aplikasi ini disebut dengan nama Photoshop CS (Creative Suite), versi sembilan disebut Adobe Photoshop CS4, versi sepuluh disebut Adobe Photoshop CS5 , versi kesebelas adalah Adobe Photoshop CS6 dan versi yang terakhir (keduabelas) adalah Adobe Photoshop CS7.
Photoshop tersedia untuk Microsoft Windows, Mac OS X, dan Mac OS; versi 9 ke atas juga dapat digunakan oleh sistem operasi lain seperti Linux dengan bantuan perangkat lunak tertentu seperti CrossOver.
MENGENAL DAN MEMAHAMI AREA KERJA PHOTOSHOP
Jalankan Adobe Photoshop kemudian pilih menu File -> Open. Kemudian pilih buka gambar apa saja. Sebagai contoh di buka gambar zhaow.jpg. (lihat gambar 1.1).

Seringkali letak tool-tool (palette) Adobe Photoshop sudah berubah dimodifikasi oleh pengguna sebelumnya. Untuk mengembalikan letak palette ini gunakan menu Windows -> Workspace -> Reset Palette Location.
Area kerja Adobe Photoshop dapat dilihat pada gambar 1.1, yaitu:
A  :Menu Bar, berisi perintah utama untuk membuka file, save, mengubah ukuran gambar, filter dan lain-lain.

B    :Option, berisi pilihan dari tool yang Anda pilih. Misalnya dipilih kuas/brush, maka ukuran/diameter brush ada di sini.

C     :Gambar, menampilkan gambar yang sedang dibuat atau diedit.
D   :Pallete Well, cara cepat untuk mengakses palet brushes, tool resets dan Layer Comps. Juga dapat digunakan untuk meletakkan palet yang sering digunakan.

E    :Toolbox, berisi tool untuk menyeleksi dan memodifikasi gambar.

F :Palette, berisi jendela-jendela kecil yang di dalamnya terdapat perintah dan pilihan untuk dokumen/gambar yang sedang dikerjakan.
Keterangan dan Praktek:
Membuka dokumen dan membuat duplikat dokumen
Untuk membuka gambar gunakan menu File -> Open, sedangkan untuk membuat duplikat gambar gunakan menu Image -> Duplicate.
Mengubah ukuran gambar dan kanvas
Jika ukuran gambar diubah, maka gambar akan membesar atau mengecil, lakukan dengan menu Image -> Image Size. Jika ukuran kanvas diubah, maka ukuran gambar tetap, akan ada kertas putih di sekeliling gambar, lakukan dengan menu Image -> Canvas Size.

Mencoba ToolBox
Cobalah tool-tool pada ToolBox, satu persatu akan dibahas pada bab berikutnya. Coba klik kanan pada tool yang memiliki segitiga di bagian kanan bawah untuk memilih tool yang tersembunyi.

Mencerminkan dan Memutar Gambar
Cobalah menu Image -> Rotate Canvas -> Flip Canvas Vertikal, Image -> Rotate Canvas -> Flip Canvas Horisontal. Untuk memutar gambar, pilih menu Image -> Rotate Canvas -> pilih sudut yang dikehendaki.

Undo
Undo digunakan untuk membatalkan perintah terakhir, tekan Alt+Ctrl+Z, atau gunakan pallete history.

Memindahkan gambar ke dokumen lain
Untuk memindahkan gambar gunakan Move Tool.

Save for web
Gunakan menu File -> Save for Web untuk menghasilkan gambar dengan ukuran kecil yang biasa digunakan pada web site.

SELECTION AND TOOL
Menyeleksi Gambar pada Phtoshop
Menyeleksi berarti memilih bagian tertentu dari gambar. Dengan seleksi kita dapat mengcopy, mengubah, menggeser, atau menambahkan efek kepada bagian yang terseleksi tanpa mempengaruhi bagian lain.
Ada tiga cara menyeleksi yaitu:
1. Marquee Tool, yaitu menyeleksi dalam bentuk kotak, elips, row, dan kolom
2. Lasso Tool, untuk menyeleksi dalam bentuk bebas, poligonal atau kekontrasan gambar (Magnetic Lasso Tool).
3. Magic Wand Tool, untuk menyeleksi berdasarkan persamaan warna.
Tipe seleksi ada dua (dapat dipilih pada Option Bar), yaitu:
1. Normal, memiliki pinggiran yang tajam.
2. Feather, memiliki pinggiran yang halus atau kabur.

Tool-tool Photoshop
Banyak sekali tool-tool yang terdapat pada photoshop dan setiap tool mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Untuk mengetahui apa saja tool-tool yang ada pada photoshop, silakan perhatikan gambar di bawah.

Keterangan:
Rectangular Marquee Tool
Gunakan rectangular marquee tool untuk memotong gambar dalam bentuk kotak. Gunakan menu Select -> Transform Selection untuk mengubah seleksi dan menu Select -> Feather untuk mengatur ketajaman pinggiran potongan.

Elliptical Marquee Tool
Digunakan untuk membuat seleksi elips atau lingkaran. Anda dapat menggunakan Select -> Transform Selection (atau klik kanan) untuk mengubah bidang yang mau diseleksi. Gunakan menu Select -> Feather untuk mengatur ketajaman tepi gambar. Gunakan Select -> Inverse untuk membalik seleksi.

Lasso Tool
Seleksi ini digunakan untuk menyeleksi bentuk bebas dengan mouse.

Polygonal Lasso Tool
Polygonal Lasso Tool digunakan untuk menyeleksi gambar yang memiliki tepi garis lurus, misalnya piramida pada gambar 2.5. Jika tombol Alt ditekan maka Polygonal Lasso Tool akan berfungsi seperti Lasso Tool biasa. Contoh gambar hasil seleksi piramida diperkecil dan diletakkan pada sudut kanan bawah.

Magnetic Lasso Tool
Magnetic Lasso Tool penggunaanya cukup mudah, karena dengan tool ini seleksi gambar akan secara otomatis membuat garis seleksi pada gambar yang berwarna kontras.

Magic Wand Tool
Magic wand tool akan menyeleksi gambar yang memiliki warna sama.

Crop Tool
Crop tool digunakan untuk menghilangkan bagian yang tidak diseleksi. Contoh penggunaanya di sini digunakan untuk memperbaiki hasil scan yang miring.

Healing Brush Tool
Healing Brush Tool digunakan untuk memperbaiki gambar pada bagian tertentu. Aktifkan tool ini, kemudian tekan Alt + Klik pada objek pada bagian yang tidak berkeriput, kemudian klik pada bagian yang keriputnya ingin dihilangkan.

Spot Healing Brush Tool
Spot Healing Brush Tool digunakan untuk memperbaiki kerusakan gambar. Di sini Anda tidak perlu menentukan area yang akan digunakan sebagai patokan, karena akan secara otomatis terpilih dari area di sekitarnya. Misalnya digunakan untuk menghilangkan keretakan pada patung seperti pada gambar 2.10.
Tool ini merupakan tool baru pada Adobe Photoshop CS2 yang tidak ada pada versi sebelumnya.

Patch Tool
Patch Tool digunakan untuk memperbaiki gambar. Tool ini dibuat dengan cara membuat selection dengan mouse atau dengan menahan tombol ALT untuk menghasilkan bentuk poligonal. Selanjutnya drag ke daerah yang akan dijadikan patokan perbaikan.

Red Eye Tool
Red Eye Tool digunakan untuk memperbaiki warna merah pada mata.

Clone Stamp Tool
Clone Stamp Tool digunakan untuk membuat duplikat area pada gambar, atau yang disebut cloning. Tekan ALT pada objek yang akan dikloning, kemudian gunakan mouse pada area tempat objek baru mau diletakkan.

Background Eraser Tool
Tool ini digunakan untuk menghapus background yang memiliki kemiripan warna. Misalnya digunakan untuk menghapus background langit pada gambar kupu-kupu.

Magic Eraser Tool
Seperti Background Eraser Tool, tool ini akan menghapus area dengan warna sama, namun efeknya adalah ke seluruh gambar, bukan hanya area yang diklik.

Color Replacement Tool
Color Replacement Tool akan mengubah warna gambar tanpa mengubah bentuk dari gambar tersebut. Tool ini akan secara otomatis hanya mengubah area dengan warna sama menjadi warna lain yang dikehendaki.

Blur, Sharpen, dan Smugde Tool
Blur Tool digunakan untuk mengaburkan area. Misalnya digunakan untuk menghilangkan bintik-bintik pada wajah. Sharpen Tool merupakan kebalikan dari Blur Tool. Dengan Sharpen Tool, gambar akan menjadi lebih tajam. Smugde Tool digunakan untuk mengubah bentuk gambar dengan cara drag mouse.

Dogde, Burn, dan Sponge Tool
Dogde Tool digunakan untuk membuat area menjadi lebih terang. Burn Tool digunakan untuk mempergelap area. Spong Tool digunakan untuk mencerahkan (saturate) atau mengurangi warna (desaturate).


PERMAINAN WARNA PADA PHOTOSHOP
Warna apapun dapat dinyatakan dalam tiga warna dasar (RGB) yaitu merah, hijau, dan biru. Cara menyatakan warna yang lain adalah dengan mode HSL yaitu Hue, Saturation, dan Lightness. Mode lain adalah CMYK (Cyan, Magenta, Yellow, Black).
Pada bab ini akan dibahas mengenai permainan warna, mulai dari mengatur latar belakang gambar, membuat gradient, mengatur brightness & contrast, dan masih banyak lagi tool-tool yang menarik. Pada subbab selanjutnya Anda dapat langsung praktek dengan didampingi instruktur.

Paint Bucket Tool
Paint Bucket Tool digunakan untuk mengganti background yang memiliki warna sama atau mirip. Background dapat diganti dengan pattern.

Gradient Tool
Gradient tool digunakan untuk menghasilkan warna gradasi. Jangan lupa lakukan seleksi terlebih dahulu bagian mana yang akan diisi warna gradasi. Jika tidak, maka seluruh kanvas terisi dengan gradasi.

Brush Tool
Brush Tool digunakan sebagai kuas dalam mengambar dengan mouse. Atur besar kecilnya brush, hardness, opacity, dan flow. Bush Tool dapat juga bekerja pada mode Air Brush.

Brightness/Contrast
Brightness digunakan untuk mengatur kecerahan gambar. Contrast digunakan untuk mengatur ketajaman gambar. Gunakan menu Image -> Adjustment -> Brightness/Contrast.

Level
Level berfungsi mirip dengan Brightness/Contrast namun lebih fleksible karena warna dapat diatur warna gelap, warna menengah, dan warna terang. Level dapat bekerja pada selection atau seluruh kanvas. Gunakan menu Image -> Adjustment -> Level.

Curves
Curves bekerja seperti level, namun Anda mengatur warna RGB dalam bentuk curva. Gunakan menu Image -> Adjustment -> Curves. Curva dapat diatur otomatis, mode RGB atau diatur sendiri-sendiri untuk tiap-tiap warna.

Color Balance
Melalui menu Image -> Adjustment -> Color Balance kita dapat mengatur keseimbangan warna.

Photo Filter
Photo filter digunakan untuk memberikan filter pada gambar. Mirip seperti filter yang diletakkan di depan lensa kamera. Gunakan menu Image -> Adjustment -> Photofilter.




Replace Color
Replace Color digunakan untuk mengganti warna tertentu dalam gambar, sedangkan warna yang lain tidak ikut berubah. Misalnya untuk mengganti warna apel dengan tanpa mengubah warna background. Gunakan menu Image -> Adjusments -> Replace Color.

Hue/Saturation
Hue/Saturation digunakan untuk mengganti warna pada keseluruhan gambar/seleksi. Hue adalah warna, sedangkan Saturation adalah tebal/tipisnya warna. Gunakan tool ini melalui Image -> Adjustment -> Hue/Saturation. Perubahan warna dapat diatur pada chanel master, atau tiap-tiap warna.

Match Color
Match Color akan menyamakan warna gambar source kepada gambar yang akan diubah. Misalnya di sini akan diubah gambar danau3.jpg, menjadi suasana matahati terbit seperti gambar acuan. Gunakan tool ini melalui menu Image -> Adjustment -> Match Color.

TEKS DAN VECTOR PHOTOSHOP
Horisontal Type Tool
Horisontal Type Tool digunakan untuk membuat teks secar horisontal. Hasil teks dapat dipindahkan dengan Move Tool.

Horisontal Type Mask Tool
Horisontal Type Mask Tool digunakan untuk menyeleksi dalam bentuk teks.

Pen Tool
Peen Tool digunakan untuk membuat garis lurus dan garis lengkung dalam bentuk vektor. Klik sekali untuk membuat anchor point, kemudian jika kurva telah terbentuk, drag anchor point untuk membuat direction point. Path yang dibuat oleh Pen Tool dapat diubah menjadi selection.

Rectangle, Ellipse, Poligon, dan Custom Shape Tool
Tool ini berguna untuk menghasilkan bentuk kotak (rectangle), ellips, poligon, dan berbagai macam bentuk lain yang telah disediakan oleh Adobne Photoshop. Bentuk-bentuk tersebut misalnya hati, lampu, not balok, dan lain sebagainya.

LAYER, MASK, AND STYLE
Layer adalah lapisan tembus pandang. Bagian yang tidak bergambar pada sebuah layer bersifat transparan. Layer dapat ditumpuk dan diatur susunannya. Dengan menggunakan layer, efek-efek akan berlaku dalam layer tertentu saja, tanpa mengganggu layer yang lain.

Quick Mask Mode
Quick Mask Mode digunakan untuk menyeleksi dengan menggunakan Brush Tool. Aktifkan tool ini dengan menekan tombol Q pada keyboard atau memilih tool Quick Mask Mode.

Pada contoh ini, gambar beruang di seleksi dengan menggunakan Brush Tool pada mode quick mask. Setelah gambar beruang terseleksi, kembalikan ke mode normal untuk menghasilkan seleksi gambar beruang.
LayerMask
Layer Mask digunakan untuk menyembunyikan bagian tertentu pada layer. Gunakan warna hitam untuk menyembunyikan gambar dan warna putih untuk menampilkan gambar.

LayerStyle
Layer Style merupakan teknik memberikan efek tertentu pada suatu layer. Pilih tool Add Layer Style yang ada pada sudut kanan bawah pallete.

EFEK KHUSUS PHOTOSHOP
FilterLiquify
Filter Liquify dapat mengubah gambar secara langsung dengan menggunakan mouse. Misalnya memperbesar/memperkecil mata, menggeser alis, dan sebagainya. Filter ini dapat digunakan melalui menu Filter -> Liquify.

Filter Vanishing Point
Filter Vanishing Point digunakan untuk meng-klone gambar dalam bentuk perspektif. Filter ini dapat digunakan melalui menu Filter -> Vanishing Point. Area sumber kloning ditentukan dengan menekan Alt + Click. Fitur merupakan fitur baru dalam Adobe Photoshop CS2.

Filter Blur
Filter Blur digunakan untuk mengaburkan gambar. Yang menarik dalam filter ini adalah mengaburnya gambar dapat dibuat secara radial. Gunakan filter ini melalui menu Filter -> Blur

·        Corel Draw

CorelDraw merupakan salah satu aplikasi pengolah gambar berbasis vector yang banyak dipakai oleh pengguna PC. Karena berbagai kemudahan dan keunggulan yang dimiliki oleh coreldraw, maka coreldraw sering dimanfaatkan untuk desktop publishing, percetakan, dan bidang lain yang memerlukan pemrosesan visual.
Keunggulan mengolah gambar berbasis vektor adalah ukuran hasil akhir yang dapat ditekan seminimal mungkin namun dengan kualitas yang tidak kalah dengan gambar berbasis raster atau bitmap. Karena itulah desain grafis dan olah gambar berbasis vektor sangat banyak digunakan untuk desktop publishing, percetakan, dan bidang lain yang memerlukan pemrosesan visual.
Sebenarnya ada banyak sekali software desain grafis dan pengolah gambar berbasis vektor yang bisa kita gunakan,misalnya saja diantaranya adalah Coreldraw, Photoshop, Freehand, adobe ilustrator dll.
Namun coreldraw merupakan program paling populer yang sering dimanfaatkan. Selain karena tampilannya yang user friendly dan mudah dipelajari, coreldraw juga mempunyai berbagai keunggulan – keunggulan lain yang sangat bermanfaat.
Beberapa keunggulan coreldraw antara lain coreldraw sangat bagus dalam kolaborasi teks dangambar. Meskipun photoshop juga bisa namun lebih mudah dengan coreldraw. Selain itu kelebihan coreldraw yang jarang dimiliki oleh aplikasi desain grafis dan pengolah gambar yang lain adalah dukungan forum dan komunitas coreldraw yang begitu banyak dan beragam, sehingga kita bisa dengan mudah menemukan tutorial, tips dan bisa berbagi ilmu dengan pengguna coreldraw lainnya di seluruh dunia.
Jika anda mengkolaborasikan dua aplikasi desain dan olah grafis populer yaitu coreldraw dan photoshop, maka hasilnya sudah pasti tidak terkalahkan karena hasil olah gambar dan desain grafis kolaborasi coreldraw dan photoshop ini sangat bagus sekali.

e.       Contoh  C.Draw & A.Photoshop dan “kira-kira” cara pembuatannya.
PHOTOSHOP
Tutorial mengganti background pake 3 gambar, background, objek dan pernak pernik nya. .
Description: http://ilmuphotoshop.com/wp-content/uploads/2012/12/background-150x150.jpgDescription: http://ilmuphotoshop.com/wp-content/uploads/2012/12/girl-150x150.jpgDescription: http://ilmuphotoshop.com/wp-content/uploads/2012/12/stars-150x150.jpg
Cara mendownload gambar-gambar diatas, klik untuk memperbesar > klik kanan save image
Pertama buka gambar Objek nya :
Description: http://ilmuphotoshop.com/wp-content/uploads/2012/12/image1.jpg
Seleksi Objek menggunakan pen tool
Description: http://ilmuphotoshop.com/wp-content/uploads/2012/12/image2.jpg
Kalo udah semua terseleksi, Klik kanan > make selection = 0
Description: http://ilmuphotoshop.com/wp-content/uploads/2012/12/image3.jpg
Hasilnya akan seperti ini :
Description: http://ilmuphotoshop.com/wp-content/uploads/2012/12/image4.jpg
Sekarang buka Background nya ( cari yang sesuai dengan dimensi foto )
Description: http://ilmuphotoshop.com/wp-content/uploads/2012/12/image5.jpg
Drag Foto objek yang udah terseleksi tadi ke background dan atur posisinya.
Description: http://ilmuphotoshop.com/wp-content/uploads/2012/12/image6.jpg
Si objek keliatan ngambang dan gak napak ke tanah..
Buat layer baru di bawah layer Objek. Gunakan Brush warna hitam untuk membuat bayangan.
Description: http://ilmuphotoshop.com/wp-content/uploads/2012/12/image7.jpg
Sekarang gak keliatan ngambang kan ? Description: :D
Buat layer baru lagi di atas layer bayangan, ini untuk membuat bayangan yang gak terlalu gelap.
Brush dengan warna hitam lagi di sekitar tanah, Opacity di set sekitar 50%.
Description: http://ilmuphotoshop.com/wp-content/uploads/2012/12/image8.jpg
Untuk memperhalus potongan atau hasil crop objek, gunakan smudge tool Strength 40% , soft round.
Drag pelan-pelan disekitar tepi objek yang kurang bagus.
Description: http://ilmuphotoshop.com/wp-content/uploads/2012/12/image9.jpg
Kalo udah keliatan ok, sekarang kita sesuaikan warna objek dengan background nya.
Masih di layer Objek. Klik Image >Adjustment > Hue/saturation, kurangi warna nya.
Description: http://ilmuphotoshop.com/wp-content/uploads/2012/12/image10.jpg
Klik Image > Adjustment > Color Balance
bagian ini  nanti disesuaikan dengan background nya.. untuk background yang kita pake sekarang, settingan nya seperti ini :
Description: http://ilmuphotoshop.com/wp-content/uploads/2012/12/image11.jpg
Description: http://ilmuphotoshop.com/wp-content/uploads/2012/12/image12.jpg
Description: http://ilmuphotoshop.com/wp-content/uploads/2012/12/image13.jpg
Buat layer baru di bawah layer objek. Brush dengan warna putih disekitar objek.
Description: http://ilmuphotoshop.com/wp-content/uploads/2012/12/image14.jpg
Klik FILTER > Blur > Gaussian Blur
Description: http://ilmuphotoshop.com/wp-content/uploads/2012/12/image15.jpg
Set Opacity menjadi 20%
Description: http://ilmuphotoshop.com/wp-content/uploads/2012/12/image16.jpg
Buka File Stars.jpg, Drag ke belakang layer objek dan atur posisinya.
Description: http://ilmuphotoshop.com/wp-content/uploads/2012/12/image17.jpg
Klik Image > Adjustment > Color balance
Description: http://ilmuphotoshop.com/wp-content/uploads/2012/12/image18.jpg
Ganti Layer Effect menjadi Screen dan Set Opacity menjadi 50%
Description: http://ilmuphotoshop.com/wp-content/uploads/2012/12/image19.jpg
Hasilnya :
Description: http://ilmuphotoshop.com/wp-content/uploads/2012/12/image20.jpg








CORELDRAW
menambahkan lukisan pada betis wanita tutorialnya sebagai berikut
Sebagai object model adalah betis yang didownload dari internet soudara :
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjVdQJlgFGTVUknn6vqRFm2YNjOmC6m6f96Z3GhWfMZ0aTtqsxYcl-sq_dOCZr2VCISM7KPhDEHjO1IIH7Ye5jxQ58kzYyipxFtP4kDRr_AV_6zCmmaNCuCFH2AwlsXDPSjFI8EO-pMVu8/s1600/efek+tatoo.jpg

Langkah pertama;
buat garis mengelilingi betis dengan Freehand tool (F5)


Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhfzS1r66fRFLCgJcqJ6fzEGDPAxK7ky4Qi7O7eyvYBJ8Q3GsNOY_QLyytz0H4i_FVug68ABvnFGTB-45qPtzn3yPwzHh92Toz1-Tc7Lt79KoWbtXD6JaF3pHGC0K-sB9vE0a6nVZkMtKk/s1600/1.jpg


Langkah kedua;
siapkan object image tanpa background yang nantinya sebagai object tatoo,

Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiVESlE-F_sC7UFGb128ncYcz4vTud7tiYMdKAXXZnq8oB9azqfJaSTg-yhd8nOhGwr9er8xdSIv3_TdTDcQ-iZt0LEXqs3RV_a2mG-5bS8iMVYr6fKt-4hY6yZFM1VRXvynx2PM8mjeHo/s1600/4.jpg

Seandainya gambar image sampeyan ada background-nya, untuk menghapus ikuti langkah dibawah ini;
pada Menu Bar klik Bitmaps --> Convert to Bitmap...


Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgsbHrbMANcccOY2BAuSLKACTJ0DjxAQ3ZcXziIsc34eeWNSbgTe-RtT48RMSJ2vRlqB3lNLuz4oE3j20TJ33OsKqSxp60iNRJaxPBIxjISr2eNqLajl6y3uTPpjIvS54MHosg6XIpHH78/s1600/8.jpg



Beri tanda rumput pada Transparent background --> klik OK


Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhQMlM4mTpqwS2ZnMOdf8w-CbItDeUOj05P5IGuPGm3uH38GLSjXWAkjarTlzWdknjO91455cDL0EKUmKL61wpEf5LdnJPxE2SLcOJJJ6bwis_C3kqYAQ0l_eAciyZSKX_sa0tpmvzY5hU/s1600/9.jpg


Kemudian klik Edit bitmap, dan tunggu sejenak maka Window Corel Photo Paint akan terbuka

Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjppieCBh84QC33xqo_tbAiU0_q6XL-F-O7hwxLuLe-AQbyhL1P10nWYk0wnK2VB3TfqobZnjBIQiOr2By1vkk72FwvhbEyflmxm0aXFgTouHNz8sH3nDirbS_zSF5ZnniAovSHIGlNuvo/s1600/10.jpg


Pada Menu Bar klik Mask --> Color Mask...


Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg4N9uzxBNYRNuHDEPwK9VnLNHorj68-d04rIDc2D-0NyxZ6W0O3SswnFhSxhot20jo_2M-hLjHu16jLaRVXuVAiW9jYl1weLZc3sQfI_lER6Ckhm5xVb5ir88DAh_Utdza4_CYTiJd_k8/s1600/11.jpg


klik pada Sampled Colors arahkan pada warna yang akan kita hapus


Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgvZVA6WI9XnwEu0GhbXWiR5DAcOZ-k7qfltf1JTNPLhQgDcsZp5hdbapcPqmwymBrESh2Nztgj_LBWpJny-lwhep6l2_81S2oILdQzM2JOZOSw6KDIGl7aWVllYrvyF9deopwl4dpeGVk/s1600/12.jpg


Kemudian hapus warna background dengan Eraser tool (X)


Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhlZrDUbhwPrq5F_YDaeTKIeozgtkU4KaJom57IAv7L3QhLx2cFX-4AsEqRVfP5Uos25aj6aFcIZEMazDupqqM93bfC4FLgyJaYgGHawRC5wWhZjfKMJ6V_YYSV3Ol-rAC3eUPrV8NiIZM/s320/13.jpg


setelah terhapus semua, hasilnya seperti gambar dibawah ini, kemudian klik icon Save untuk menyimpan, dan tutup Corel Photo Paint dan kembali ke CorelDRAW


Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg23MtxWt19d_ABs75q_WgKqQGz4WTANLT44muTQ_qacvhOb67Gjn-2K9p4zc0oTIPeKAclSFaoRPI8P1WJwSDZM5XPp0sRt4u5ORAIjBxfU1_4ehzQGUGMQlKEqVz6iQkc4ZOHJ9cudQA/s1600/5.jpg
 

Langkah Ketiga;
Posisikan object image tatoo yang sudah kita edit ke object garis (outline) yang kita buat pada langkah pertama tadi, dan select (pilih) kedua object tersebut, kemudian klik Intersect pada Property Bar kemudian buang object garis dan object image tatoo, karena yang kita butuhkan adalah object hasil perpotongan Intersect


Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEicp-N3KpWUPaxdEVBHiduyewN4LbJYQxCulbpXEmUhv7niXAxEqhDPECbQ4h25ehVU8lPaOyCplIAasWcayrTEiD2AnxeprVBLAvBhwQruhz3G5kqXzaJWd2hV7NpxYdXdWA2xTUCHqbc/s1600/2.jpg

Hasilnya seperti gambar dibawah ini, dan atur opacity dengan menu Transparency tool


Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiNnlScgUCb-UsMjGZD-IMYZ7GdJZpCzM1VMVRRs3hiL327vi_ahp6yXEHYd9PphwTO87rXjv1ojerNdCRDtwkYvNhgKdYGJogY0y-BPm26EpjKIEFDburr5cSgT1Tb0RdOy80n5uIE7qE/s1600/3.jpg


Hasil akhir seperti gambar dibawah ini.
 
Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEguzT6JKV6TMKRJ5te0c1ldqw2IsxvmhyphenhyphenE0ZgLuK6wMNJeYBKQe8nfap_mCuZshpjsmmSFe4rnAmYjGw4Hhd8T4XkrYFNeavab8rfn7SA6Z7oUXG60PgYmMaA48Y24tWPriUL96AVR7L90/s1600/7.jpg


Tidak ada komentar:

Posting Komentar